Tips Merawat Ban Mobil

Agar ban mobil tetap awet, Anda juga harus tahu cara merawatnya. Entah itu pada jenis mobil laris atau mobil anti mainstream, ban mobil yang terawat dengan baik sudah pasti lebih tahan lama dan tidak mudah bocor. Perlu diketahui, salah satu penyebab seringnya ban bocor adalah kondisi ban yang sudah tidak layak lagi. Karena itu dengan merawat ban mobil dengan cara yang tepat, masalah seperti ban bocor juga akan berkurang. Anda juga tidak perlu terlalu sering mengganti ban mobil lagi.

Merawat ban sebenarnya jauh lebih mudah dari mengganti ban itu sendiri. Tidak perlu kemampuan atau trik khusus untuk melakukannya. Yang Anda butuhkan cukup keuletan dan ketelatenan saja. Namun untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa tips merawat ban mobil yang berhasil kami rangkum.

1. Jaga Tekanan Ban Mobil

Sebaiknya tekanan ban mobil memang harus dicek secara rutin. Idealnya Anda memang harus memeriksa tekanan ban setiap kali akan berkendara. Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, memeriksa tekanan ban sebulan sekali juga tidak masalah. Ban mobil yang kurang angin mungkin tampak seperti masalah sepele. Namun jika dibiarkan berlarut-larut, kondisi ini bisa mempersingkat masa pakai ban itu sendiri. Ini juga karena ban yang kurang tekanan bisa memperbesar gesekan antara ban dengan aspal. Akibatnya, ban jadi lebih cepat halus.

2. Periksa Kondisi Ban secara Berkala

Kondisi ban yang sudah halus tentu bisa membahayakan pengemudi dan penumpang. Untuk itu, pastikan selalu untuk memeriksa kondisinya setidaknya sebulan sekali. Anda juga bisa memeriksa kondisi ban dengan cara yang cukup sederhana, yakni dengan menggunakan uang koin dan meletakkannya pada tapak ban. Jika seluruh gambar koin terlihat, berarti sudah waktunya untuk mengganti ban mobil.

3. Jangan Berkendara dengan Muatan Berlebih

Mungkin ini memang terlihat sederhana. Namun berkendara dengan muatan berlebih bisa menyebabkan tekanan berlebih pada ban. Jika beban yang diangkut sudah terlewat tinggi, bukan tidak mungkin ban mobil Anda pecah. Tentu saja ini bisa sangat berbahaya jika Anda sedang berkendara dalam kecepatan tinggi. Jika sudah deimikian, tidak ada pilihan lain lagi selain mengganti ban mobil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *