Cara Membersihkan Velg

Velg dan ban yang bersih sejatinya bisa meningkatkan umur dari ban dan velg itu sendiri selain juga membuat penampilan mobil lebih baik, kotoran pada velg mobil bisa menjadi kerak dan menggangu penampilan mobil, sedangkan kotoran pada ban selain mengganggu penampilan juga membuat ban mudah getas.
Untuk membersihkan velg atau ban sebenarnya bisa menggunakan air – sikat – shampo mobil, akan tetapi di pasaran saat ini sudah banyak terdapat produk pembersih kaki-kaki mobil.
Membersihkan Velg
Pada intinya cairan pembersih velg bisa digunakan untuk membersihkan velg mobil, akan tetapi pecinta otomotif juga harus berhati-hati terutama dalam melakukan pembersihan agar velg mobil tidak mengalami lecet, berikut adalah penanganan velg dengan berbagai material:

1. Velg berbahan Baja atau Alumunium berlapis Chrome (krom), velg ini terlihat sangat mengkilap jika terkena cahaya, velg berlapis krom ini juga memberikan kesan mewah pada mobil. Membersihkannya yakni seletal dicuci dengan sabun/ shampo maka bersihkan dengan cairan pembersih velg, untuk noda yang membandel gunakan sikat halus untuk menghilangkannya + cairan pembersih velg. Setelah dirasa bersih maka siramlah dengan air dan pastikan detergen/ cairan pembersih tidak menempel di velg karena dapat menimbulkan noda/ kerak

2. Velg berbahan Alumunium; velg berbahan alloy atau aluminium relatif harus lebih hati-hati dalam membersihkan, karena jika terlalu keras membersihkan (menyikat) maka bisa timbul baret (goresan pada velg). Gunakan cairan pembersih velg yang memang diperuntukkan untuk velg bermaterial alumunium, gunakan lap lembut untuk melakukan pembersihan, gunakan pula sikat yang lembut.

3. Velg berbahan clear; velg ini biasanya berpilar cukup besar dan warnanya putih kekuningan, velg jenis ini cukup kuat. Pembersihan bisa dilakukan dengan sabun/ shampo + air

4. Velg berbahan teflon; teflon biasanya digunakan sebagai lapisan velg bermaterial lain (baja/ alumunium), tujuan melapisi velg dengan logam teflon adalah agar debu tidak mudah menempel dan lebih mudah dibersihkan. Velg berlapis teflon ini cukup dibersihkan dengan air sabun, jangan membersihkan velg pada saat keadaan panas.

5. Velg berbahan besi atau biasa disebut velg kaleng. Cara membersihkannya cukup dengan shampo/ sabun kemudian lap hingga kering, velg berbahan besi ini mudah berkarat oleh karena itu jaga agar dalam keadaan kering, kemudian menyemirnya dengan kit (agar catnya juga terlihat bersih)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *